7 June 2013

Food: Roti Selai Samahani


Pada jam-jam 5-6 sore, aura-aura letih lemah lunglai kerap menghampiri pinggul saya. Indikasinya seperti bola mata mulai liar, nafas tersendat tak beraturan, serta pikiran menerawang hingga ke merauke. Sulit menstabilkan jiwa-jiwa yang bergelora seperti ini. Belajar dari pengalaman yang sudah-sudah, “Roti Selai Samahani” lah yang mampu meredam onak di Jiwa. Ya, sekali lagi, “Roti Sele Samahani”.

Mungkin bagi anda yang berdomisili di Banda Aceh dan Aceh Besar tentu tidak asing lagi dengan yang namanya “Roti Sele Samahani”. Awalnya Roti ini hanya terkenal di seputaran Sibreh hingga Indrapuri saja. Namun seiring berjalannya waktu roti ini kian terkenal dan digemari oleh masyarkat Aceh.

Roti Selai Samahani merupakan Roti tawar yang dipadu dengan selai kuning. Selai ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Menurut info yang saya dapati, telur ayam merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat selai ini.  Berbeda dengan selai-selai roti yang dijual di minimarket-minimarket pada umumnya yang identik dengan rasa buah-buahan. “Samahani” sendiri merupakan nama dari sebuah Desa yang ada di Aceh Besar. Samahani mempelopori lahirnya roti tersebut hingga nama tersebut melekat kuat pada roti dan selainya.

 Akhir-akhir ini Roti Selai Samahani kerap kita jumpai di seputarana Kota Banda Aceh, masyarkat yang “ngidam” roti samahani tidak perlu menempuh perjalanan puluhan kilometer untuk menikmati kelezatan roti tersebut. Hampir diseluruh warung kopi-warung kopi yang ada di Banda Aceh kini menyediakan Roti ini.



Meskipun untuk menyicip roti ini tak perlu ke Samahani, namun saya sendiri lebih suka menikmati Roti ini di daerah asalnya. Menempuh perjalan yang lumayan jauh bukan soal, ada kepuasan tersendiri manakala bisa menikmati “Roti ajaib” ini di  Kampung Halaman si Roti. Karena “Ide-ide brilliant kerap kali muncul diantara himpitan kopi dan roti sele samahani”. ;)

No comments:

Post a Comment

About Us

Recent

recentposts

Random

randomposts