31 May 2014

“Bersama Mister Potato Aku Siap Terbang ke Inggris”



(UK)
“Terbang ke Inggris?” Ahh, mimpi yang cukup mustahil terwujud bagi seorang anak kampung seperti saya ini, kecuali tuhan berbaik hati dengan melempar sekarung dolar plus tiket pesawat pulang pergi Banda Aceh – London, hehehe. Eh, tapi sebentar, Inggris itu dimana ya? hahaha. *kepo

Inggris, ya, sebuah negeri dengan sejuta pesona dan keindahan. Konon kata guru saya yang sedang studi disana berkisah bahwa Inggris merupakan Negara yang sangat maju dan canggih, bayangkan saja kota London adalah kota pertama di dunia yang memiliki sistem transportasi bawah tanah, negara yang berukuran 74 kali lebih kecil dari Amerika ini membuat masyarakat dunia terkagum-kagum.
(Mr. Asy bermimpi ke UK)





Terbang ke Inggris adalah mimpi saya di tahun 2010 silam, saya bermimpi suatu saat saya bisa ke Inggris, saya menargetkan mimpi tersebut harus sudah tercapai paling telat tahun 2012. Waktu terus berjalan, meskipun telah berusaha untuk mewujudkan mimpi tersebut dengan mengikuti sayembara menulis, lomba blog, konferensi, dan program pertukaran pelajar, saya masih saja gagal, mimpi ke Inggris masih sebatas mimpi hingga memasuki tahun 2013. Sempat terpikir untuk menabung, namun sangat sulit bagi saya yang belum punya pendapatan (jajan aja susah, hehehe).

Di awal tahun 2014 saya kembali bertekad bahwa tahun ini saya harus ke Inggris!, saya mencoba hunting berbagai informasi tentang perjalanan ke Inggris gratis, saya coba daftarkan diri ke salah satu program kursus bahasa gratis di Inggris, namun kejadian setahun silam kembali terulang, “saya gagal dan masih terus gagal”.


Sebenarnya apa yang membuat saya begitu tertarik dengan Inggris?, kenapa sih Saya harus ke Inggris?, apa yang menarik dengan Negara yang satu ini?.


(UK adalah negeri impian)
Bagi saya Inggris adalah negeri Impian, negeri yang wajib saya kunjungi. Ketertarikan saya dengan segala jenis informasi tentang Inggris berawal saat saya membaca sejarah hubungan diplomatik kesultanan Aceh Sultan Iskandar Muda dengan ratu Inggris Elizabeth I pada abad ke-16. Hubungan dagang antara Kerajaan Aceh dengan Kerajaan Inggris tempo hari memuat cerita mesra antara dua kerajaan ini di masa lalu.

Dalam sebuah kisah, Ratu Elizabeth I pernah mengirim utusan (Sir James Lancester) menuju Kerajaan Aceh. Sultan kemudian menyambut baik, mengizinkan Inggris untuk berlabuh dan berdagang di wilayah kekuasaan Aceh. Bahkan Sultan mengirim hadiah sepasang gelang dari batu rubi kepada Ratu Elizabeth I.

Hubungan antara Kerajaan Aceh dengan Kerajaan Inggris berlanjut hingga periode tahta Raja James I. Raja James mengirim sebuah meriam sebagai hadiah untuk Sultan Aceh. Meriam tersebut masih utuh hingga kini dan masih terawat dengan baik, meriam ini dikenal dengan nama Meriam Raja James. 

(Mister Potato siap membawa aku ke Inggris Gratis)
Saat saya mengunjungi beberapa situs sejarah peninggalan Inggris di Aceh, pikiran saya menerawang, sebesar apa sih kerajaan Inggris pada abad ke-16? Sebesar apa sih Istana Ratu Elizabeth? Entahlah, suatu saat saya akan tau. Saya harus ke Inggris untuk mengetahuinya.

Mempelajari lebih dalam literature kisah-kisah hubungan Kerajaan Aceh dengan Kerajaan Inggris sungguh membuat saya semakin bersemangat untuk bisa terbang ke Inggris. Dan pada akhirnya saya berjanji suatu saat akan menginjakkan kaki di Inggris, menelusuri setiap sudut kota, menoleh ke kiri dan ke kanan dengan wajah bahagia.

Saya ingin ke Buckingham Palace, saya ingin melihat istana megah yang selama ini hanya saya lihat di gambar-gambar. Saya ingin ke London Eye, saya ingin ke Big Ben, saya ingin ke Trafalgar Square, saya ingin keliling Inggris. Saya akan menulis dan berbagi setiap detil perjalanan seru nantinya. Saya akan mengajak teman-teman saya melalui tulisan dan gambar yang saya sunting di blog kece ini agar mereka juga bisa merasakan serunya perjalanan ke destinasi-destinasi menarik selama di Inggris bersama Mister Potato.

Akhir kata, bagi saya mimpi adalah bertemunya dua variable antara “kesiapan” dan “kesempatan”. Jika mimpi dan usaha ke Inggris yang sudah terpendam sejak bertahun-tahun silam adalah “kesiapan”, maka Amazing UK Trip bersama Mister Potato adalah “kesempatan”, kesempatan yang tertunda sejak 4 tahun silam. “Bersama Mister Potato, aku siap terbang ke  Inggris!”. Salam hangat, Asy.


(Tulisan ini diikutsertakan dalam kontes blog "Ngemil Eksis Pergi ke Inggris" yang diselenggarakan oleh @MisterPotato_ID)



#InggrisGratis #Inggris #MisterPotato





7 comments:

About Us

Recent

recentposts

Random

randomposts